Food

7 Cokelat Asli Indonesia yang Wajib Dicoba

7 Cokelat Asli Indonesia yang Wajib Dicoba

7 Cokelat Asli Indonesia, sebagai salah satu produsen kakao terbesar di dunia, memiliki beragam cokelat berkualitas tinggi yang patut di coba. Cokelat Indonesia tidak hanya terkenal di dalam negeri tetapi juga di pasar internasional. Kelezatan dan keunikan rasa cokelat asli Indonesia berasal dari kondisi alam dan teknik pengolahan yang khas. Berikut ini adalah 7 cokelat asli Indonesia yang wajib Anda coba.

1. Pipiltin Cocoa

Pipiltin Cocoa adalah salah satu merek cokelat premium asli Indonesia yang patut di coba. Didirikan oleh dua bersaudara, Irvan Helmi dan Tissa Abdy, Pipiltin Cocoa berkomitmen untuk memproduksi cokelat berkualitas tinggi dari biji kakao asli Indonesia. Mereka bekerja sama dengan petani lokal di beberapa daerah seperti Aceh, Flores, dan Bali untuk mendapatkan biji kakao terbaik.

Keunggulan

Pipiltin Cocoa di kenal dengan varian cokelat single origin, yang berarti cokelat mereka di buat dari biji kakao yang berasal dari satu daerah tertentu. Ini memberikan cita rasa khas dari setiap daerah asal biji kakao tersebut. Produk-produk Pipiltin Cocoa mencakup cokelat batang, bubuk kakao, dan praline yang semuanya memiliki cita rasa unik dan berkualitas tinggi.

2. Krakakoa

Krakakoa adalah merek cokelat asli Indonesia yang berfokus pada konsep bean-to-bar, di mana mereka mengendalikan seluruh proses produksi mulai dari biji kakao hingga produk akhir. Didirikan oleh Sabrina Mustopo dan Simon Wright, Krakakoa bekerja sama dengan petani kakao di Sumatera, Sulawesi, dan Bali untuk memastikan keberlanjutan dan kualitas biji kakao yang mereka gunakan.

Keunggulan

Krakakoa terkenal dengan varian cokelat organik dan fair trade, yang berarti mereka memperhatikan kesejahteraan petani dan lingkungan. Produk mereka termasuk dark chocolate, milk chocolate, dan flavored chocolate yang menggunakan bahan-bahan alami. Krakakoa juga sering mengadakan workshop untuk edukasi tentang cokelat dan keberlanjutan.

3. Pod Chocolate

Pod Chocolate adalah merek cokelat yang berbasis di Bali dan didirikan oleh Toby Garritt. Pod-Chocolate menggunakan biji kakao dari petani lokal di Bali dan sekitarnya untuk membuat cokelat berkualitas tinggi. Mereka juga mengoperasikan pabrik cokelat yang ramah lingkungan di Bali, di mana pengunjung bisa belajar tentang proses pembuatan cokelat.

Keunggulan

Pod Chocolate menawarkan berbagai macam produk cokelat, mulai dari dark chocolate, milk chocolate, hingga white chocolate. Salah satu produk unggulan mereka adalah cokelat dengan campuran rempah-rempah khas Indonesia seperti jahe dan cabai, yang memberikan pengalaman rasa yang unik. Pod Chocolate juga mendukung praktik pertanian berkelanjutan dan kesejahteraan petani kakao lokal.

4. Cokelat Monggo

Cokelat Monggo adalah merek cokelat yang didirikan oleh seorang ekspatriat asal Belgia, Thierry Detournay, di Yogyakarta. Menggunakan biji kakao dari beberapa daerah di Indonesia seperti Sumatera, Sulawesi, dan Flores, Cokelat Monggo menghasilkan cokelat dengan cita rasa unik dan berkualitas tinggi.

Keunggulan

Cokelat Monggo di kenal dengan cokelat premium yang menggabungkan teknik pembuatan cokelat Belgia dengan biji kakao asli Indonesia. Produk mereka mencakup dark chocolate, milk chocolate, dan white chocolate dengan berbagai varian rasa seperti durian, mangga, dan cabai. Cokelat Monggo juga mendukung keberlanjutan dengan menggunakan kemasan yang ramah lingkungan.

5. Dapur Cokelat

Dapur Cokelat adalah merek cokelat asli Indonesia yang sudah cukup di kenal di kalangan pecinta cokelat dalam negeri. Didirikan pada tahun 2001, Dapur Cokelat menawarkan berbagai macam produk cokelat mulai dari cokelat batang, praline, hingga kue cokelat. Mereka menggunakan biji kakao berkualitas dari berbagai daerah di Indonesia.

Keunggulan

Dapur Cokelat terkenal dengan kreativitas dan inovasi dalam produk cokelat mereka. Mereka sering menggabungkan cokelat dengan bahan-bahan lokal seperti kacang mete dan buah-buahan tropis. Dengan harga yang terjangkau dan kualitas yang baik, Dapur Cokelat menjadi pilihan yang tepat untuk menikmati cokelat Indonesia.

6. Mahana Chocolate

Mahana Chocolate adalah merek cokelat asal Bandung yang berkomitmen untuk memproduksi cokelat berkualitas dari biji kakao asli Indonesia. Mereka menggunakan metode bean-to-bar untuk memastikan setiap produk cokelat yang di hasilkan memiliki cita rasa yang autentik dan berkualitas tinggi.

Keunggulan

Mahana Chocolate menawarkan berbagai macam varian cokelat seperti dark chocolate, milk chocolate, dan white chocolate. Produk-produk mereka sering menggunakan bahan tambahan alami seperti garam laut, kayu manis, dan vanila untuk memberikan cita rasa yang unik. Mahana Chocolate juga mendukung keberlanjutan dan kesejahteraan petani kakao lokal dengan praktik perdagangan yang adil.

7. Ubud Raw Chocolate

Ubud Raw Chocolate adalah merek cokelat yang berbasis di Ubud, Bali, yang berfokus pada pembuatan cokelat organik dan raw chocolate. Raw chocolate di buat dari biji kakao yang tidak di panggang, sehingga mempertahankan lebih banyak nutrisi alami dan rasa asli kakao. Ubud Raw Chocolate menggunakan biji kakao dari petani lokal di Bali dan sekitarnya.

Keunggulan

Ubud Raw Chocolate menawarkan berbagai macam produk raw chocolate yang sehat dan lezat. Mereka menggunakan bahan-bahan alami dan organik seperti madu, kelapa, dan rempah-rempah untuk memberikan rasa yang kaya dan kompleks. Produk mereka cocok untuk pecinta cokelat yang mencari pilihan yang lebih sehat tanpa mengorbankan rasa.

Baca juga: Rekomendasi Beach Club di Bali yang Masuknya Gratis

Indonesia memiliki banyak merek cokelat berkualitas tinggi yang menawarkan berbagai macam produk cokelat dengan cita rasa unik dan autentik. Dari cokelat premium dengan teknik bean-to-bar hingga cokelat organik dan raw chocolate, ada banyak pilihan yang bisa di nikmati oleh pecinta cokelat. Ketujuh merek cokelat asli Indonesia yang di sebutkan di atas adalah contoh terbaik dari kelezatan dan keunikan cokelat Indonesia yang wajib Anda coba. Selamat menikmati!